07 October 2017

Piknik Selandia Baru - Christchurch, Castle Hill, dan Fox Glacier 22 September 2017

Kami bangun pukul 07:00 waktu setempat karena lelah seharian berjalan kaki di Sydney dan baru check-in menjelang tengah malam. Setelah mandi dan packing, kami lalu check-out dari hotel dan menunggu di lobi untuk dijemput oleh Wilderness Motorhomes pukul 09:00 waktu setempat.

Perwakilan Wilderness Motorhomes menjemput kami tepat waktu. Mereka sangat ramah dan membantu mengangkat koper ke mobil jemputan. Sepanjang perjalanan menuju kantor mereka, hanya berjarak sekitar 5 menit menggunakan mobil, kami diajak berbincang untuk mencairkan suasana.

Proses pengambilan kendaraan dilakukan dengan cepat dan efisien. Saya di-briefing sekitar 30 menit oleh petugas Wilderness Motorhomes mengenai Motorhome Outback 4 yang kami sewa. Mulai dari hal yang sederhana seperti cara memutar dan memundurkan kursi depan, memperhatikan indikator air dan listrik, menghidupkan dan mematikan pemanas / pendingin udara, cara menggunakan gas sebagai sumber energi, menghubungkan mobil ke stop kontak, memutar DVD, cara menggunakan rantai roda (jika diperlukan, dll. Setelah briefing, kami diberi waktu sekitar 10 menit tambahan untuk beradaptasi dengan kendaraan.

Selesai dengan briefing dan administrasi penyewaan kendaraan, kami pun berangkat. Tujuan pertama kami adalah berbelanja bahan makanan di Supermarket Countdown, dekat Bandar Udara Internasional Christchurch. Kami berbelanja cukup banyak untuk 6 hari ke depan.
Perbekalan Selama di Te Waipounamu (South Island)
Pukul 11:30, kami berangkat menuju ke Fox Glacier. Jaraknya cukup jauh dari Christchurch, sekitar 397 km. Di KM 91, kami menyempatkan mampir ke Castle Hill untuk makan siang. Tempat ini dinamakan Castle Hill karena bebatuan di sini dari kejauhan mirip dengan pondasi kastil kuno. Biasa digunakan sebagai tempat latihan climbing/bouldering oleh masyarakat di sekitar sini. Castle Hill merupakan tanah privat yang bebas dikunjungi oleh umum. Sekitar 7 km dari tempat ini adalah Flock Hill yang menjadi latar First Battle of Beruna antara pasukan Narnia dengan White Witch di film The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe. Di Castle Hill kami menyempatkan juga untuk memasak makan siang.

Jalan Setapak dari Parkiran ke Castle Hill
Castle Hill
Cuaca di Selandia Baru cepat berubah dalam hitungan menit. Cuaca yang tadinya curah, beberapa saat kemudian menjadi turun gerimis, dan tidak lama setelahnya kembali cerah.

Setelah makan siang, kami kembali melanjutkan perjalanan ke Fox Glacier. Perjalanan memang masih jauh, 306 km lagi. Tapi pemandangan Te Waipounamu (South Island) yang indah dan sepi membuat perjalanan kami tidak membosankan.

Kami tiba di Fox Glacier Caravan Park, lokasi kami menginap malam ini pukul 19:45 waktu setempat. Saat check-in, kami ditawari untuk ikut walk tour gratis cacing bercahaya (glow worm) yang akan dimulai pukul 20:00 waktu setempat. Tapi karena lelah, kami putuskan tidak ikut dan beristirahat.