05 November 2016

Piknik Korea Selatan 24 Oktober 2016 - Seoraksan

Hari ini kami bangun pagi karena tujuan kali ini adalah 설악산국립공원 (Taman Nasional Seoraksan). Tempat ini merupakan salah satu taman nasional dengan pemandangan dedaunan musim gugur terindah di Korea Selatan. Untuk menuju ke sana, kami akan naik bus antar kota dari Terminal Bus Seoul ke Kota 속초시 (Sokcho). Sesampainya di terminal bus, saya langsung bergegas ke loket pembelian tiket. 


Rencana awal saya akan membeli tiket keberangkatan pukul 08:00 waktu setempat. Tapi sayangnya tiket di jam keberangkatan itu sudah habis, dan tersisa keberangkatan pukul 10:40. Saya putuskan untuk membeli tiket bus dengan harga ₩18.100 sekali jalan atau sekitar Rp225.800/orang. Belakangan saya menyesali keputusan ini, mengapa bersikukuh tetap ke 설악산 (Seoraksan) dan bukan ke 남이섬 (Pulau Nami) yang jaraknya lebih dekat dengan Seoul, lebih murah ongkosnya, dan lebih banyak pilihan transportasi ke sana. Sembari menunggu waktu keberangkatan, kami menyempatkan makan siang di salah satu restoran di terminal bus.

Loket Bus di Terminal Bus Seoul



Perjalanan Seoul ke Sokcho memakan waktu sekitar 3 jam. Kami tiba di terminal bus 속초시 (Sokcho) pukul 13:40. Dari terminal bus 속초시 (Sokcho), kami naik bus kota No. 7 ke 설악산국립공원 (Taman Nasional Seoraksan). Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit.

Bus Antar Kota Seoul - 속초시 (Sokcho)


Bus Kota No. 7, 속초시 (Sokcho) - 설악산 (Seoraksan)

Kami tiba di 설악산 (Seoraksan) pukul 15:00 waktu setempat. Salah satu tempat yang paling bagus untuk melihat 설악산 (Seoraksan) adalah di puncak bukit yang bisa diakses dengan kereta gantung yang berangkat setiap 5 menit dari stasiun dengan kapasitas sekali pemberangkatan 50 orang. Pemberangkatan terakhir kereta gantung hari ini pukul 17:30 waktu setempat. Ketika saya mulai mengantre untuk membeli tiket kereta gantung, masih tersedia tiket untuk pemberangkatan pukul 17:20 waktu setempat. Sayangnya ketika tinggal beberapa orang lagi di depan saya, semua tiket habis terjual. 

Antrean Loket Kereta Gantung

Kereta Gantung 설악산 (Seoraksan)

Saya kecewa dengan keputusan saya pagi ini karena sudah jauh-jauh dari Seoul, sampai 설악산 (Seoraksan) terlalu sore, dan kehabisan tiket naik kereta gantung.







Agar tidak terlalu rugi, kami putuskan untuk berkeliling 설악산 (Seoraksan). Ibu dan saya sempat menyusuri jalan setapak ke atas bukit hingga Kyejoam Seokgul, semacam pertapaan. Sementara Adik menunggu di bawah bukit.




Karena hari sudah gelap, kami putuskan untuk kembali ke Seoul. Setelah naik bus No. 7 ke 속초시 (Sokcho), kami membeli tiket bus antar kota ke Seoul. Kursi yang tersedia untuk keberangkatan pukul 21:30 waktu setempat. Sembari menunggu keberangkatan bus, kami menyempatkan makan malam di salah satu restoran di dekat Terminal Bus 속초시 (Sokcho).



Kami sampai di Terminal Bus Seoul pukul 00:15 waktu setempat. Karena sudah tidak ada subway lagi dini hari ini, kami mengikuti penumpang bus lain hingga ke tempat pemberhentian bus lalu naik taksi ke guesthouse. Saya cukup memperlihatkan situs web guesthouse ke sopir taksi dan dia sudah mengerti di mana letak guesthouse tersebut.


(bersambung)

Tidak ada komentar: