05 November 2016

Piknik Korea Selatan 21 Oktober 2016 - Pulau Jeju

Setelah sarapan di area makan hotel kami bergegas untuk memulai liburan. Tujuan kami di Pulau Jeju berubah dari rencana awal. Pertama karena kami ternyata tidak boleh menyewa mobil di sini dan saya tidak sempat riset transportasi umum ke tujuan awal, dan kedua karena cuaca hujan. Kami putuskan hari ini akan dihabiskan di 중문관광단지 (Jungmun Resort), Seogwipo. Letaknya dekat stadion Piala Dunia tahun 2002 silam. Dari hotel kami naik Bus No. 600 ke 중문관광단지 (Jungmun Resort). Perjalanan memakan waktu sekitar 20 menit.

Di Jungmun Resort, pertama-tama kami mengunjungi 천제연 폭포 (Air Terjun Cheonjeyeon). Sebuah air terjun alami yang bermuara ke Laut Tiongkok Timur. Tidak seperti air terjun di Indonesia, pengunjung di sini tidak bisa turun sampai pinggir air terjun. Akses pengunjung dibatasi hanya sampai platform di tepi air terjun. Dengan demikian air tetap jernih dan tidak ada sampah terlihat.




Ada tiga air terjun di 천제연 폭포 (Cheonjeyeon). Setelah melihat kesemuanya, kami melanjutkan ke 여미지 식물원 (Kebun Raya Yeomiji). Di 여미지 식물원 (Kebun Raya Yeomiji) dapat ditemukan berbagai taman dengan koleksi tanaman dari seluruh dunia. Ada taman Cina, taman Jepang, dan taman Prancis. Selain itu di dalam rumah kaca koleksi tanaman dipisahkan berdasarkan iklimnya, antara lain tanaman iklim tropis, gurun, dll.




Dari Kebun Raya Yeomiji, kami berjalan kaki ke Museum Ripley's Believe It or Not. Di sini kami melihat banyak koleksi hal aneh tapi nyata. Jika sebelumnya saya hanya melihat keanehan Ripley's melalui acara televisi, di tempat ini saya melihat langsung koleksi tersebut.

Setelah puas berkeliling di Museum Ripley's Believe It or Not kami mengunjungi Museum 3D Alive. Ini adalah museum 3D dimana kami bisa mengambil foto/selfie dengan lukisan atau karya seni yang tampak hidup. Tiket masuknya sebesar ₩10.000/per orang atau sekitar Rp129.000.




Keluar dari Museum 3D Alive, kami mendapati cuaca hujan cukup deras. Sambil menunggu reda, kami mengunjungi Teddy Bear Museum. Di museum ini, seluruh koleksinya adalah beruang Teddy dalam berbagai kostum dan ukuran. Tempat menarik untuk dikunjungi oleh keluarga. Di sini kami bertemu rombongan turis asal Indonesia yang ikut grup tour.




Pada musim gugur seperti sekarang ini, jam buka museum lebih pendek, mengikuti lamanya sinar matahari. Ketika kami keluar langit sudah gelap. Kami lalu makan malam di KFC yang berada di area ini juga. Setelah makan, kami kembali ke hotel menggunakan Bus No. 600.



(bersambung)

Tidak ada komentar: