28 September 2015

Piknik Vietnam Tengah 17 September 2015

Di hari keempat di Vietnam, kami ikut tour 1 (satu) hari untuk mengunjungi Mỹ Sơn Sanctuary. Booking tour kembali dilakukan melalui manajer hotel tempat kami menginap, Rock Villa Hội An. Mỹ Sơn adalah pusat kebudayaan Kerajaan Champa di selatan Vietnam. Kerajaan Champa mempunyai sejarah hubungan baik dengan kerajaan Nusantara, misalnya Putri Darawati, seorang putri Champa yang menikah dengan Raja Kertawijaya dari Majapahit dan makamnya ada di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. 

Bus Tour Mỹ Sơn Sanctuary

Mỹ Sơn Sanctuary
Mỹ Sơn Sanctuary terletak kurang lebih 40 kilometer di Barat Daya kota Hội An, dan perjalanan menggunakan bus tour memakan waktu kurang lebih 1 jam. Mỹ Sơn Sanctuary merupakan kumpulan kuil Hindu yang dibangun Kerajaan Champa untuk menyembah Dewa Siwa. Sayangnya saat ini kondisi Mỹ Sơn Sanctuary buruk. Alasannya menurut pemandu wisata kami, dulu area sekitar tempat ini digunakan oleh pasukan Việt Cộng untuk bergerilya sehingga menjadi sasaran pemboman besar-besaran oleh angkatan udara Amerika Serikat saat Perang Vietnam.




Pemerintah Vietnam telah berupaya untuk merestorasi sebagian kuil di Mỹ Sơn Sanctuary ke keadaan semula. Tapi mereka menghadapi beberapa kendala, antara lain keterbatasan dana dan ketidaktahuan atas teknologi yang digunakan oleh seniman Champa saat membangun kuil. Teknologi yang dimaksud adalah merekatkan bata tanpa menggunakan semen. Baru-baru ini beberapa kuil berhasil direstorasi bekerjasama dengan salah satu universitas di Italia. Mereka menemukan teknik perekatan bata yang digunakan seniman Champa dalam membangun kuil pada awalnya.




Setelah berkeliling sekitar 4 jam, tour selesai. Kami dan rombongan kembali ke Hội An menggunakan bus hingga setengah perjalanan, kemudian dilanjutkan dengan kapal mengarungi sungai. Di kapal makan siang disajikan oleh operator tour dengan menu sederhana, yang terdiri atas nasi dan sayuran. Kami tiba di dermaga Hội An sekitar pukul 3 sore.

Menu Makan Siang Sederhana


Di Hội An kami mampir sejenak di The Espreso Station, sebuah kedai kopi sederhana yang menyajikan kopi Vietnam dengan berbagai variasinya. Istri dan saya mencicipi Cold Drip Coffee. 






Kami lalu menghabiskan hari dengan sekali lagi berkeliling Kota Tua Hội An hingga malam dan membeli oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat. Dari Kota Tua Hội An ke hotel, kami naik taksi Mailinh.




(bersambung)

Tidak ada komentar: