27 September 2015

Piknik Vietnam Tengah 15 September 2015

Tujuan pertama kami di Vietnam kali ini adalah mengelilingi kota Hue. Kami menggunakan tour 1 (satu) hari penuh. Malam sebelumnya kami telah meminta bantuan resepsionis hotel untuk book tour untuk 2 orang. Kami diberitahu kalau tour akan dimulai pukul 08.00 sehingga kami sarapan lebih awal. Tujuan awal kami adalah Makam Kaisar Dinasti Nguyễn kedua, Minh Mạng. Lokasi Makam Kaisar Mihn Mang cukup jauh, sekitar 1 (satu) jam perjalanan dari hotel.




Ketika kami tiba, Makam Kaisar cukup sepi. Hanya rombongan tour kami yang memasuki tempat tersebut untuk berkeliling. Bangunan makam ini mulai dibangun pada saat kaisar wafat tahun 1841 dan selesai pada tahun 1843. Di kompleks makam berdiri beberapa bangunan, taman dan kolam.






Setelah sekitar 40 menit berkeliling, kami kembali ke bus untuk melanjutkan ke Makam Kaisar Khải Định, Kaisar Dinasti Nguyễn ke-12. Ini merupakan makam Kaisar yang paling mewah jika dibandingkan dengan makam kaisar Dinasti Nguyễn lainnya. Dinding bangunan interior makam adalah batu marmer dan dihiasi porselen. Di tengah ruang utama, terdapat patung tembaga dengan ukuran asli Kaisar Khải Định. 





Dari Makam Kaisar Khải Định, kami menuju makam ketiga yaitu Makam Kaisar Tự Đức, kaisar keempat Dinasti Nguyễn. Tapi sebelum ke sana, oleh pengelola kami diajak ke pertunjukan bela diri dan dan deretan toko yang menjual suvenir lokal.



Di Makam Kaisar Tự Đức, bentuknya mirip seperti Makam Kaisar Minh Mạng, tapi ukurannya lebih kecil. Karena cuaca kembali hujan, kami tidak lama di Makam Kaisar Tự Đức dan melanjutkan perjalanan ke tujuan berikutnya Hue Citadel.



Hue Citadel selain merupakan pusat pemerintahan dan militer Dinasti Nguyễn, tapi juga merupakan kediaman Kaisar, pangeran dan putri Dinasti Nguyễn. Hue Citadel merupakan ibukota Vietnam sejak tahun 1802 hingga tahun 1945. 




Ketika kami berkeliling di Hue Citadel, cuaca hujan deras, tapi tidak menyurutkan kami untuk berkeliling kompleks istana.


Dari Hue Citadel, kami lalu melanjutkan perjalanan terakhir hari itu ke Pagoda Thien Mu. Pagoda ini terletak di tepi Sungai Perfume dan merupakan lambang resmi kota Hue. Dalam perjalanan ke Pagoda Thien Mu, kami diberitahu oleh pemandu wisata bahwa ketinggian air Sungai Perfume meningkat, sehingga kami tidak bisa berlama-lama di pagoda. Pukul 16 kami harus sudah di dalam perahu untuk menuju tempat kami dijemput. Dari sana, kami berjalan kaki kembali ke hotel.

(bersambung)

Tidak ada komentar: