17 November 2014

Piknik Beijing 7 November 2014

Ini merupakan hari terakhir kami di Beijing, tengah malam nanti kami akan pulang ke Indonesia via Kuala Lumpur. Pada hari terakhir ini kami rencananya akan pergi ke Zhoukoudian, tempat dimana ditemukannya manusia purba, Manusia Peking atau Sinanthropus Pekinensis yang berusia antara 700.000 - 200.000 tahun sebelum masehi. Zhoukoudian terletak 42 km barat daya Beijing. Zhoukoudian ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1987.

Untuk menuju ke tempat ini, kami menggunakan Bus 917 dari terminal bus Tianqiao. Namun kembali karena tidak bisa membaca tulisan Mandarin dan tidak tahu area, maka kami kebablasan hingga keluar kota Beijing dan ke provinsi tetangga. Hal ini kami ketahui dari pos pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas pada setiap warga dan kendaraan yang akan masuk ke Beijing.

Merasa kami sudah pergi terlalu jauh, maka kami putuskan untuk turun dan mengambil bus yang sama untuk kembali ke Beijing. Namun kami dihentikan di pos polisi karena bukan merupakan warga Cina dan tidak memiliki dokumen perjalanan yang sah, kami hanya memiliki paspor. Untungnya salah satu petugas polisi bisa berbahasa Inggris dan kami jelaskan bahwa tujuan kami adalah Zhoukoudian, namun kami tidak turun di halte yang seharusnya.

Dari informasi yang kami dapatkan dari petugas polisi tersebut, ketika berangkat memang bus tidak melewati halte menuju Zhoukoudian. Kami diharuskan berganti bus untuk menuju halte tersebut. Setelah sekitar hampir 1 jam menunggu di pos polisi tersebut kami diperbolehkan kembali ke Beijing dan diberikan secarik kertas untuk diserahkan kepada kondektur bus berikutnya yang menuju Zhoukoudian.

Kami pun mengikuti arahan polisi tersebut dan sekitar pukul 16.00 tiba di Zhoukoudian. Namun tempat tersebut sudah tutup dan beberapa pengunjung terakhir keluar untuk pulang. Kami akhirnya hanya mengambil foto-foto di depan Zhoukoudian sebelum kembali ke hotel di Beijing untuk mengambil koper dan pulang ke Indonesia.

Perbukitan di Sekitar Zhoukoudian

Zhoukoudian

Pintu Gerbang Menuju Museum
(selesai)


Tidak ada komentar: