01 Juni 2014

Piknik Pearl River Delta - Hong Kong (Bagian 2)

Di hari ketiga, cuaca berubah dari mendung menjadi cerah seperti yang saya harapkan. Hari ini kami akan fokus berkeliling di daerah Tsim Sha Tsui dan Pulau Hong Kong. Pagi hari, kami pergi ke Avenue of the Stars dengan pemandangan ke arah pusat bisnis Hong Kong. Avenue of the Stars dibuat mirip dengan Hollywood Hall of Fame dimana banyak terdapat plakat sineas Hong Kong ditanam di trotoar jalan.

Pemandangan Pulau Hong Kong dari Avenue of Stars
Avenue of Stars

Puas mengambil foto, kami lalu beranjak ke Tsim Sha Tsui Clock Tower, jam kolonial mirip dengan yang pernah saya lihat di Georgetown, Penang. Dari sini, kami menyempatkan diri untuk sarapan di McD. Kami lalu kembali ke hotel untuk berpindah hotel ke Urban Pack Hostel, karena Golden House Guesthouse penuh diisi hari Sabtu ini.

Tsim Sha Tsui Clock Tower

Heritage 1881

Walaupun kami tiba di Urban Pack Hostel pukul 12.00, kami belum dapat check-in dan menaruh barang di kamar. Kami hanya menitipkan tas di lobby lalu menyempatkan sholat di Masjid Kowloon sebelum menyeberang ke Central menggunakan Star Ferry yang ikonik.

Star Ferry

Di Central, kami mengunjungi kantor pusat HSBC, Bank of China Tower, Mahkamah Agung Hong Kong yang sedang dalam renovasi, bekas kantor diplomatik Perancis di Hong Kong, Katedral St. John, Gereja St. Joseph, Taman Botani Hong Kong. Sekembalinya dari Taman Botani Hong Kong, kami melihat antrean menuju Tram Peak mengular panjang, kami memilih untuk naik bus tingkat saja ke sana.

Kantor Pusat HSBC

Gedung Mahkamah Agung Hong Kong Sedang Direnovasi

Bekas Kantor Diplomatik Perancis

Katedral St. John

Gereja St. Joseph

Taman Botani Hong Kong

Kami lalu ke terminal bus Central untuk naik bus nomor 15. Dalam perjalanan ke terminal bus, kami menyempatkan untuk makan siang di Yoshinoya. Setelah menunggu sekitar 20 menit, bus tiba. Perjalanan ke Victoria Peak memakan waktu sekitar 1 jam. Ketika kami tiba di atas, sore sudah tiba. Untungnya, cuaca cerah ideal untuk kami mengambil foto gedung pencakar langit di Central pada sore dan malam hari.

Reservoir Pok Fu Lam

Di Victoria Peak ada dua gedung tempat pengunjung bisa menyaksikan pemandangan Hong Kong dari atas bukit, yaitu The Peak Tower dan Peak Galleria. The Peak Tower mewajibkan pengunjung membayar untuk naik ke platform pandang sedangkan Peak Galleria gratis. Memang The Peak Tower lebih tinggi ketimbang Peak Galleria, tapi pemandangan terbaik ke arah Central masih bisa terlihat dengan baik dari Peak Galleria.

Saya berhasil memaksa Reza untuk menunggu malam tiba dan kami bisa mengambil foto malam hari ke arah Central. Puas dengan foto yang didapat, kami putuskan untuk ke Ladies Market di Mongkok lalu kembali ke hostel untuk proses check-in dan istirahat karena lelah berjalan kaki seharian.