06 November 2011

Cara Membuat TeXmacs Portabel

Masalah ini muncul karena saya membutuhkan GNU TeXmacs, suatu aplikasi TeX yang menggunakan konsep WYSIWYW (What You See Is What You Want) atau terjemahan harfiahnya Apa Yang Kamu Lihat Adalah Apa Yang Kamu Inginkan, untuk mengerjakan tugas kuliah. Kelebihan dari TeX ini saya tidak perlu memikirkan format tulisan pada saat dicetak nanti, saya cukup fokus pada apa yang ingin saya tulis. Sesederhana itu.  


Pada PC di rumah yang berjalan di Arch Linux, GNU TeXmacs telah terinstal dan sering saya gunakan, namun saat ini saya perlu menggunakannya juga di laptop yang berjalan di Microsoft Windows 7. Sayangnya saya tidak mendapatkan hak akses administrator sehingga opsi yang paling memungkinkan adalah mencari versi portabel.


Untungnya GNU TeXmacs telah tersedia dalam format .exe dan bisa diinstal pada sistem operasi Microsoft Windows. Panduan ini saya buat berdasarkan artikel yang telah ada, hanya saja saya menggunakan alat yang berbeda dengan panduan tersebut.


Alat-alat yang dibutuhkan adalah:
  1. Universal Extractor portable, dan
  2. 7-zip portable


Langkah pertama yang dilakukan adalah tentu saja mengunduh aplikasi GNU TeXmacs. Setelah itu dekompres arsip .exe dengan Universal Extractor.


Cari file GNU TeXmacs yang berakhiran exe, lalu kompres semua folder tersebut memakai 7-zip.




Pada kolom 'Options' centang 'Create SFX Archive untuk membuat berkas yang dapat dieksekusi. Tingkat kompresi yang bisa digunakan juga beragam. Dalam contoh ini saya menggunakan kompresi normal. Makin tinggi kompresi yang digunakan maka semakin kecil pula berkas .exe yang dihasilkan.




Selesai. Berkas .exe sekarang dapat diekstrak dan saya jalankan dari salah satu folder yang ada di partisi hardisk, flash disk, atau cloud menggunakan Dropbox misalnya. Dan tidak perlu "menginstal" ulang TeXmacs untuk dapat digunakan pada komputer lainnya.






Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar: