17 Agustus 2010

Liburan 2010 Bagian Ketiga

Setelah beberapa hari di kota Purworejo untuk memulihkan diri dari perjalanan ke Gunung Galunggung, saya menuju kota terakhir, Yogyakarta. Di kota ini saya bermukim selama kurang lebih 5 tahun untuk menyelesaikan studi D3 saya.


Ini adalah kunjungan pertama saya dalam kurun waktu 1,5 tahun semenjak saya kembali ke Tangerang. Tidak banyak yang berubah di kota ini ketika saya mengunjunginya akhir Januari lalu, waktu serasa berhenti di sini. Perubahan yang saya rasakan di sana adalah adanya jaringan bioskop XXI baru di Jl. Adi Sucipto. Di seberang jalan, terdapat cabang baru toko buku Togamas.

Di kota ini saya mengadakan reuni dengan teman-teman semasa kuliah D3 dahulu, Mega dan Ronny. Mega saat ini kuliah S2 Hubungan Internasional pada universitas yang sama tempat kami kuliah dahulu. Sedangkan Ronny melanjutkan ke Universitas Sebelas Maret, Solo. Tidak muluk-muluk dan melanjutkan tradisi kami dahulu, kami mengadakan reuni dengan mengobrol sambil bersantap di warung makan di sebuah mall. Cukup banyak yang kami perbincangkan, saya kembali teringat dengan masa-masa kuliah dahulu. Tidak terasa, waktu telah berlalu dengan cepat. Kami saat ini melanjutkan hidup masing-masing, di kota yang berbeda.

Pengalaman lain yang saya dapatkan kemarin adalah makan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Pantai Krakal, Bantul. Beruntung saya makan di sana dengan keluarga sepupu, karena Pakde dan Bude sangat pintar memilih jenis ikan dan cara memasak yang enak. Perlu saya jelaskan, cara membeli ikan di sini sama dengan Muara Karang, Jakarta. Pengunjung memilih ikan yang akan dimasak di warung yang cukup banyak jumlahnya, kemudian pembeli memilih salah satu warung yang akan mengolah makanan. Sembari menunggu masakan matang, pengunjung dapat menikmati matahari terbenam di pantai yang hanya berjarak 50 meter dari TPI.

Tips: Para nelayan di sini kembali dari laut hari Rabu dan Jumat, pada kedua hari ini pasokan ikan di TPI berlimpah dan masih segar. Jadi, jika ingin menikmati sajian kuliner laut lengkap di sini, pastikan anda datang keesokan harinya.

Tidak ada komentar: