03 July 2011

Era IPTV dan Tarifnya

Pada tanggal 4 Juni 2011, layanan IPTV pertama di Indonesia, Groovia TV, diluncurkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom). Kelebihan dari teknologi Internet Protocol Television adalah menggabungkan antara layanan Internet dan tv berbayar menggunakan sambungan telepon rumah. Salah satu kelebihan utama dari IPTV adalah pelanggan dapat menyimpan tayangan tv yang terlewat hingga 48 jam terakhir. Jadi bila saya melewatkan final Liga Champions atau pertandingan antara NY Yankees v. Boston Red Sox, saya dapat memutar ulang pertandingan tersebut setelah merekamnya dalam dekoder.

TARIF

Namun, Groovia TV menyasar kalangan elite karena tarif berlangganan yang ditawarkan cukup mahal. Untuk layanan Triple Play, tiga layanan sekaligus, ditawarkan mulai harga Rp695.000/bulan. Pelanggan akan mendapatkan 40 kanal tv berbayar dan lokal, 1Mbps layanan internet dan gratis abodemen telepon.

Bila ingin mendapatkan pengalaman yang lengkap, seperti kanal premium HBO, ESPN, Star Movies, Disney, dll maka pelanggan perlu merogoh koceknya lebih dalam dan ditawarkan sebagai mini-packs dengan harga Rp80.000 (groovy kiddy) - Rp400.000 (grovvy maxxy).

KOMPETITOR

Bila dibandingkan dengan kompetitor lainnya yang menyediakan layanan all-inFirst Media, dan sama-sama menyasar kalangan menengah atas maka tarif yang ditawarkan Groovia TV memang lebih mahal. Paket tv berbayar Ultimate (92 kanal) ditawarkan seharga Rp300.000 sedangkan layanan internet mulai Rp195.000 untuk 1 Mbps. Sehingga total tarif berlangganan Rp495.000/bulan. First Media saat ini lebih unggul baik dalam hal tarif yang lebih murah maupun cakupan wilayah yang lebih luas dibandingkan dengan Groovia TV.

Sekarang bagaimana dengan pelanggan yang tidak menggunakan layanan all-in, seperti saya? Ada hal menguntungkan dari cara seperti ini, yaitu bila salah satunya mengalami kerusakan maka layanan lain tidak terganggu. Ini pengalaman yang saya alami ketika dahulu berlangganan Telkom Speedy, baik saluran telepon maupun Internet tidak bisa digunakan. Saya sekarang menggunakan Indovision sebagai layanan tv berbayar danSmartfren (dahulu Smart Telecom) sebagai layanan Internet.

Biaya yang saya keluarkan untuk menikmati tv berbayar adalah Rp330.000 (82 kanal) dan Rp99.000 untuk Internet dengan kecepatan hingga 3,1Mbps. Namun karena jarak rumah saya cukup jauh dari Base Transmission Stationcukup jauh, maka saya hanya mendapatkan 1Mbps. Sehingga total biaya bulanan yang harus saya keluarkan menjadi Rp429.000.

PENUTUP

Groovia TV mempunyai peluang cukup besar untuk meningkatkan pelanggannya di masa depan. Yang perlu dilakukan oleh Telkom adalah untuk menjaga agar kualitas layanan tv dan Internet tetap prima karena hal ini paling penting dalam menjaga pengalaman menikmati hiburan yang dirasakan pelanggan. Dengan tarif yang cukup tinggi, semoga stigma bahwa akibat tarif terlalu murah berbanding lurus dengan kualitas yang didapatkan pelanggan akan hilang.

No comments: